Hari Kiamat - Hari akhir dunia awal kehidupan nyata

Hari kiamat itu adalah suatu peristiwa dimana hancurnya alam semesta ini serta berakhirnya kehidupan di dunia. Dengan datangnya hari kiamat ini berarti kehidupan akhirat yang kekal baru dimulai. Umat muslim haruslah mempercayai akan hal itu dengan sepenuh hati bahwa hari kiamat itu pasti akan datang entah itu kapan. Datangnya hari kiamat tak seorang pun bisa meramalkannya entah itu para normal, dukun, ilmuan sekalipun dengan peralatan canggihnya tetap tidak akan bisa mengetahui persis datangnya hari kiamat itu. Wallaahu A'lam, hanya Allah yang mengetahui kapan datangnya hari tersebut.

Nabi nabi dan juga para Rasul dimana mereka sangat dekat dengan Allah dibandingkan kita saja tidak mengetahui persisnya kapan hari itu akan datang, tetapi mereka mengetahui tanda tanda akan datangnya hari yang mungkin bagi banyak orang adalah hari yang menakutkan. Dari berbagai tanda tanda tersebut sebagian besar sudah nampak jelas bahkan kita bisa melihatnya secara langsung tanda tanda itu sehingga ini menjadi peringatan bagi semua manusia di muka bumi ini. Bagi umat muslim, mempercayai akan datangnya hari kiamat termasuk dalam rukun iman yang ke lima karena itulah kita sebagai orang yang beriman tak boleh ragu lagi tentang datangnya hari kiamat itu.

Pada hari kiamat tersebut akan datang bencana yang maha dasyat dimana tak seorang pun bisa selamat, tak seorangpun bisa menghidarinya walaupun orang itu bersembunyi di dalam bunker yang sangat kokoh sekalipun, walaupun orang itu pergi ke luar angkasa dengan maksud menghindari hari kiamat, tak seorangpun bisa selamat kecuali orang orang yang sudah mempersiapkan dirinya untuk menghadapi hari kiamat dengan iman dan amal shaleh selama hidup di dunia ini. Pada sahat hari itu tiba, tak seorangpun bisa menolong kita karena semua orang disibukkan dengan urusan mereka masing masing. Hanya berbekal iman dan amal shaleh lah kita bisa terhindar dari bencana maha besar itu.

Pada hari kiamat nanti, Allah akan membangkitkan semua hamba hamba-Nya tak terkecuali. Orang orang baik akan berkumpul dengan orang orang yang baik pula demikian juga dengan orang jahat pasti akan berkumpul dengan orang jahat pula. Di saat itu pula lah akan tampak orang orang dengan wajah yang berseri seri, ada juga orang orang dengan wajah yang masam karena penuh dengan kegelisahan dan kepanikan. Mereka semua dibangkitkan dari kematian untuk dimintai pertanggung jawaban atas apa yang pernah mereka perbuat selama hidup di dunia.

Kebahagiaan ataupun kesengsaraan yang akan kita terima kelak pada hari kiamat tergantung dengan apa yang kita perbuat selama hidup di dunia. Bila amalan kita baik maka kebahagiaan sebagai imbalannya yang akan diperoleh secara hakiki. Akan tetapi bila amal buruk dan kejahatan yang kita perbuat selama hidup di dunia ini maka kesengsaraan lah yang akan dirasakan di akhirat kelak.


Jika seluruh manusia mengetahui dan menyadari akan hal tersebut maka sudah pasti manusia di seluruh dunia akan berlomba lomba untuk berbuat kebaikan dan mengumpulkan amalan amalan baik sebanyak banyaknya karena pada akhirnya nanti amalan itulah yang membawa keberuntungan bagi kita semua.

Dengan berita tentang akan datangnya hari kiamat yang menakutkan ini tentunya tidak ada lagi alasan bagi umat manusia untuk ragu tentang kejadian luar biasa itu. Jadi kita harus benar benar yakin, percaya sepenuh hati bahwa hari kiamat pasti akan datang.

Firman Allah :
Artinya :
Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur. (QS. Al Hajj : 7)

Firman Allah :
Artinya :
Tanyakanlah, "Milik siapa langit dan bumi..?"
Tegaskan, "Itu milik Allah."
Dialah yang telah menetapkan diri-Nya penuh rahmat.
Dia pasti mengumpulkan kamu pada hari kiamat yang tidak diragukan datangnya.
Orang orang yang merugikan diri sendiri mereka itu tidak beriman. (QS. Al An'am 12)

Firman Allah :





Artinya :
[1] Demi angin yang (dengan kehendak-Nya) menyebarkan rahmat kehidupan ke segala arah. [2] Demi angin yang (dengan rahmat-Nya) menggiring awan yang mengandung hujan. [3] Demi angin yang (dengan rahmat-Nya) mendorong kapal dengan mudah. [4] Demi malaikat yang (atas perintah-Nya) membagi rahmat dengan rata. [5] Sungguh, yang dijanjikan kepadamu adalah benar [6] dan bahwa hari kiamat pasti terjadi. (QS. Adh-Dhāriyāt : 1-6)

Dengan memahami ayat ayat Allah tadi maka sudah jelas bahwa keraguan akan datangnya hari kiamat tidak ada di hati orang beriman. Hanya orang yang tidak beriman dan tidak mau menggunakan akal pikiran secara sehat yang merasa ragu akan datangnya hari kiamat.

>> Tunggu lanjutannya ~Tanda tanda datangnya hari kiamat~

No comments: